3.20.2011

Hiragana Session

Ayo Belajar Nihon-go!!!

Nihon=Nipon=jepang,,,go=bahasa..Jadi, ayo kita belajar bahasa jepang. Awalnya ragu-ragu mau belajar bahasa jepang,,tapi gara-gara keranjingan nonton dorama2 jepang, jadi pengin bisa ngomong jepang. Alasan lain yang bikin ragu-ragu,,huruf jepangnya ‘je,,bentuknya unik dan sulit dihapal..Tapi lama-lama saya sadar kalau belajarnya dari hati,,jadinya malah asik. Kalau nonton dorama tanpa sub,,kadang-kadang sdh bisa ngerti walaupun masih kasar ngartiinnya..

Pelajaran pertama kita adalah mengenal alfabetnerd. Dalam bahasa Jepang dikenal 3 macam jenis huruf;Hiragana, Katakana, n the last but not least Kanji..Masing-masing memiliki bentukyang berbeda-beda meskipun lafal(Hiragana-Katakana) mirip-mirip. Waduhhh,,trus kalau belajar huruf terus sampe botak yang namanya percakapan, tata-bahasa, de el el gak kesentuh donk…Hehehee….Tenang aja,,habis kita belajar hira dan kata,,belajar Kanjinya diselingi pelajaran tambahan2 lain,,OK.

Di sini, saya bukan master bahasa Jepang,,saya disini juga sembari belajar. Jadi sekali lagi,,Ayo belajar Nihon-go… Banzai (Horrayyyy..)

Hiragana

Hiragana adalah alfabet fonetis dasar di bahasa Jepang. Cara bacanya seperti alfabet yunani biasa misal,,ma,na,ka, de el el. Ininih tabelnya, lengkap sama cara membuat karakter hurufnya (dilihat dari anak panahnya ya..). Konon, kalau urutan mulai coretannya salah dan dilihat org jepang, bisa dimarahi loh,,,hihiiiiihikhik…Hiragana biasanya digunakan untuk menuliskan kosakata asli jepang yang tidak ada kanjinya, partikel, akhiran dari kata benda, kata sifat dan kata kerja.

Cara bacanya,,kolom paling kanan ke bawah untuk huruf a,i,u,e,o secara individual. Trus kolom kedua dari kanan bacanya kebawah ka,ki,ku,ke,ko dst.

a i u e o
あ い う え お
ka ki ku ke ko
か き く け こ

Khusus untuk kolom paling kiri ada huruf ん = n, bukan na. Ini adalah satu-satunya huruf mati.
Contohnya; あかい(akai)= merah
Mudah kan….Eits, belum selesai. Masih ada tambahan lagi. Ini nie

Huruf Tambahan

Sama seperti huruf dasar dengan sedikit tambahan, yaitu tanda petik dua untuk setiap karakter huruf ka,ki,ku,ke,ko dan berubah bacanya menjadi ga,gi,gu,ge,go dan karakter lain untuk sa, dan ta.
ga gi gu ge go
が ぎ ぐ げ ご
za ji zu ze zo
ざ じ ず ぜ ぞ
da de do
だ で ど

Spesial untuk huruf dasar ha,hi,hu,he,ho, jika diberi tanda kutip dua maka berubah menjadi ba,bi,bu,be,bo, tapi jika di beri seperti angka o kecil diatasnya berubah menjadi pa,pi,pu,pe,po.
ba bi bu be bo
ば び ぶ べ ぼ
pa pi pu pe po
ぱ ぴ ぷ ぺ ぽ

Huruf Gabungan

Dibagi menjadi dua:
  • Pertama tambahan huruf dasar ya,yu,yo yang ditulis kecil setelah hruf dasar yang berakhiran i, seperti kii,shi,chi,ni,hi,mi,ri,gi,ji,bi,pi..Jadinya seperti ini:


  • Kedua, tambahan huruf dasar a,i,u,e,o yang ditulis kecil setelah huruf dasar lainnya. Ini hanya untuk menandakan vokal panjang. Dengan ketentuan..
a, i/e, u/o
あ, い, う

Kalau mau nambahin vokal panjang a jadi tinggal tambahin あ, kalau e dan i tambahinnya Cuma pake い dan u/o dengan う.

That's it:sweaty:..hahaaaa...banyaknyuwaaa:hilo:

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.